Pengalaman Merawat Muka


Untuk mayoritas kaum wanita muka adalah bagian tubuhyang terpenting. Terlepas dari cantik  ato jeleknya seorang wanita, udah pasti seneng merawat mukanya. Ya iya lah yaa… Biar muka secantik malaikat tapi kalo jerawatan ato bopengan kan jadinya gak cantik yah. Sebaliknya, biar kata tampangnya gak cantik-cantik amat, tapi kalo bersih dan mulus pasti jadi enak dilihat. Ya gak ya? Iya aja deh yaaa…
Begitu juga dengan gua. Gua udah pasti pengen punya muka yang bersih, mulus, bercahaya, dan kinclong. Tapiii…. sayangnya muka gua termasuk kategori muka yang perlu perawatan lebih. Gua suka sirik sama temen-temen gua yang mukanya kinclong tanpa perlu bersusah payah. Ada satu temen gua yang cuci muka pake sabun mandi loh. Beneran! Dan mukanya putih, bersih, mulus, bebas jerawat. Bener-bener bikin sirik kan?
Sejak SMP muka gua sering tumbuh jerawat. Gak banyak sih, paling banyak 3 biji lah, tapi gede-gede yang sampe ada matanya kayak bisulan gitu. Kalo gua nunduk jerawatnya kayak yang mau jatoh. Sakit udah pasti lah yah. Jaman gua SMP itu gua cuci muka pake Viva Cucumber. Jaman dulu mah gak banyak pilihan yah. Karena cici gua pada pake Viva yah gua nebeng pake juga lah hehehe…. Mana kenal sama yang namanya pelembab dan temen-temennya, cuci muka pake susu pembersih dan toner aja udah bagus :p
Pas SMU gua masih pake Viva. Bukan karna loyalitas yang tinggi, tapi karna gua gak ngerti. Taunya yah cuman Viva doang hahaha… Trus gimana dengan jerawat? Yah masih ada aja yang rajin berkunjung. Jumlahnya masih gak banyak, paling banyak 3 biji yang kayak bisul itu plus taburan bintang-bintang jerawat batu kecil-kecil. Udah gitu jerawat gedenya gak hilang dalam beberapa hari. Minimal seminggu baru ilang. Dan sejak SMUgua demen banget mencetin jerawat dan komedo. Kalo udah mencetin muka, rasanya happy banget padahal setelah itu muka jadi merah-merah dan perih hahaha…. UDah gitu bekas pencetannya jadi bolong-bolong, hiiiy….
Jaman kuliah gua mulai mengembangkan sayap. Karena jerawat masih aja rajin berkunjung, gua jadi rajin juga mencoba-coba merk pembersih muka yang banyak beredar di pasaran. Hasilnya yah sama ajalah yah hehehe….
Pas udah kerja, udah punya duit sendiri, sayap gua tambah melebar. Gua mencoba Clinique karena ada temen sekantor guayang pake dan mukanya mulus. Gua jadikepengen nyoba dong yah. Gua pake 3 step, sabun-toner-moisturizer, dan night cream. Udah lupa deh tipe yang mana. Awal-awal pake merk ini gua puas. Muka gua bercahaya. Bersih dan mulus. Muka kinclong menambah percaya diri gua dong pastinya. Ditambah banyaknya kumbang-kumbang menghampiri hahaha…. Tapi lama-lama kok gua merasa gak ada efeknya yah. Mulai deh timbul jerawat kecil-kecil. Waduuuh…. Udah seneng-seneng punya muka mulus, eeh… si jerawat datang lagi, hiks…
Trus temen sekost gua suka facial di Iva Pluit. Gua kepengen nyoba juga dong yah. Perjuangan bener deh waktu ke Iva ini. Dari kost gua di Tawakal naek taxi jam 6.30 supaya sampe sono jam 7. Maklum dah antriannya panjang bener. Kalo telat alamat bisa antri sampe berjam-jam. Padahal tempat tidur buat facial-nya tuh banyak banget loh. Seruangan gede gitu. Tapi karena pelanggannya banyak jadi yah tetep aja antri.
Facial di Iva ini suakit bow… Kalo muka gak berjerawat sih gak masalah, tapi kalo berjerawat kayak gua mana tahaannn… Apalagi kalo di pencet bagian di bawah hidung, alamaakkk… Air mata udah pasti keluar deh. Dijamin!
Tapi hasilnya memuaskan. Beberapa kali facial disitu plus pake obatnya, muka gua membaik. Tapi… karna gua males kesono pagi-pagi buta, akhirnya gua gak pernah kesana lagi. Dan perawatan muka gua balik lagi ke merk-merk yang banyak bisa ditemukan di supermarket-supermarket terdekat hehehe….
January 2002 gua kerja di Deloitte Touche – HTM, kantor akuntan publik. Namanya jadi auditor udah pasti lembur melulu. Yang namanya muka gua udah pasti tambah banyak jerawatnya. Bekasnya sampe item-item gitu. Ampun dah… Tapi mau gimana lagi, gua gak tau mau diapain jadi yah dibiarkan saja begitu lah.
September 2002 gua pindah kerja ke Rothschild karena partner gua di Deloitte mau memisahkan diri dan pindah ke firma yang lain. Auditor di bawah partner ini disuruh pilih mau stay ato ikut bedol desa. Gua memilih resign karna ada tawaran yang lebih baik. Ya iya laaahhh… gejong lebih gede yah eke pindahlah ya hehehe….
Di Rothschild karyawannya sedikit. 1 Presdir orang Aussie, 1 local  banker, 1 secretary, 1 office manager, 1 receptionis, 1 accountant yaitu gua, 2 drivers, 1 OB, plus ditambah 2 bodyguards. Kalo ada project biasanya selain presdir dan local banker yang cuman 1 orang itu, ditambah dengan expat dari Singapore, Hongkong, dan London office. Emang Rothschild ini multinational company yang tersebar di berbagai negara.
Secretary, office manager, receiptionist semuanya perempuan. Umurnya pun jauh di atas gua. Jadi mereka banyak kasih pelajaran hidup buat gua. Begitu juga dengan masalah muka. Waktu masuk ke Rothschild muka gua berada di tingkat paling parah. Jerawat gede-gede sampe ungu-ungu gitu warnanya menutupi muka gua. Kalo dipegang sakiiitt banget.  Temen-temen kantor menyarankan gua untuk cek ke dokter kulit. Mereka sih rekomen dr. Susie di RS Jakarta karena 2 orang dari mereka berobat kesitu dan hasilnya memuaskan. Tapi karna gua males perginya. gua mau coba dokter kulit di Bogor dulu deh.
So, gua pergi ke klinik M3 dengan dr. Mira di Jl. Pajajaran Bogor. Disini antrian juga panjang bener. Tapi karna gua niat mau obatin muka gua, so gua tahan-tahanin deh. Disitu ada tempat facial juga. Facial disini gak sesakit di Iva. Trus pertama kalinya dalam hidup gua, jerawat gua yang paling gede disuntik. Tapi efek loh. Beberapa hari setelah disuntik, jerawatnya langsung hilang tapi tetep meninggalkan bekas hehehe… Pake obat dr. Mira ini dalam sebulan muka gua bebas dari jerawat. Cepet yaaahh… Tapi setelah itu gua merasa perkembangannya pelaaan bangeds. Malahgua merasa gak ada perubahan lagi. Setelah 1 tahun gua berobat disitu, gua memutuskan mencoba dr. Susie di RS Jakarta atas hasutan temen-temen kantor gua.
Di dr. Susie antriannya lebih parah lagi. Sabtu pagi jam 7 gua kesono buat daftar dan ambil nomor. Waktu itu gak bisa daftar via telpon. Abis ambil nomor gua pulang lagi dan balik lagi pas jam praktek si dokter yang udah pasti antri. Naah… di dokter ini gua merasa puas as as aasss… Muka gua bersih. Bekas jerawat gua hilang, pori-pori gua mengecil, muka gua jadi muluuusss… Seneeeng bangeds. Apalagi kalo ketemu temen-temen lama, mereka semua bilang muka gua bagusss…Uhuuuyyy…. Senangnya hatikyuuu…. Makanya jangan heran kalo pas merit muka gua udah kinclong hehehe….
Lama juga gua pake obatnya dokter ini. Sampe akhirnya penyakit males gua kambuh lagi. Gua gak pernah kontrol lagi ke dokter, cuman beli obat-obatannya aja.
Abis merit, gua kecentilan nyoba produk Shiseido, mulai dari sabun, toner, moisturizer, night cream, t-zone balance *karna t-zonegua berminyak* sampe obat jerawatnya karna kadang suka ada jerawat kecil gitu. Overall, gak ada masalah sama sekali. Muka gua tetep bersih dan kinclong.
Tapiiii… 3 bulan setelah merit gua hamil. Penyakit males gua meraja lela. Maleeessss bangeds merawat muka. Jangankan pake moisturizer dll, cuci muka pake sabunnya aja malesnya bukan maen. Alhasil selama hamil muka gua berjerawat kecil-kecil gitu. Tapi untungnya gua tetep facial di Shiseido 2 bulan sekali jadi muka gua gak terlalu parah.
Abis melahirkan, penyakit males merawat muka tetep berjalan. Kali ini malah udah gak pake Shiseido lagi. Cuman pake sabun muka Pond’s joinan ama hubby.
Trus pernah juga ambil paket perawatan wajah di Faith to Beauty di TA yang sekarang udah tutup. Sempet beli 1 produknya, gua lupa apaan, tpai mahal ajeh. Sebotol 500 ribu lebih. Pooduk import dari Jepang, katnaya sih kalo di Jepang produk ini ngetop bangeds. Yah gua gak tau sih bener ato enggak. Tapi memang waktu pake produk ini muka gua halus banget.
Abis nyobain produk itu, gua balik lagi pake Pond’s sampe gua perhatikan kok flek di muka gua tambah banyak yah. Waduuuh….
Akhirnya gua balik lagi ke dr. Susie. Kali ini bareng Lenny, mamana Aaron.
Seperti yang lalu, begitu pake obat dokter ini muka  gua cepet membaik. Muka kusam berganti cerah. Flek-flek mulai memudar. Jerawat satu pun gak ada. Setelah beberapa bulan, penyakit males kontrol datang lagi. Maklum dah, muka udah mendingan jadi males berobat hahaha….
Tapi gua tetep pake sabun cuci muka dan scrub-nya. Pelembab, clin gel, night cream, dll gak pernah gua pake lagi. CUman cuci muka pake sabun sama sesekali gua pake scrub. Akhir-akhir ini gua malah balik lagi pake Ponds joinana ama hubby hehehe… Hasilnya udah pasti muak gua kembali bermasalah. Di jidat mulai tumbuh jerawat kecil-kecil. Duuuh… Gua udah mulai panik nih. Gua berpikir, umur gua udah 30 tahun, udah sepantas dan selayaknya gua mulai serius merawat muka gua. Apalagi muka gua sejak SMP udah bermasalah kan. Gua juga gak mau dong keriput di usia dini ato flek-flek di muka gua mulai melebar.
Tapi untuk balik lagi ke dr. Susie perjuangannya melawan rasa males terlalu berat. Maleessss boow…Antrinya yang mana tahan…
Setelah gua pikir-pikir, gua mau pake produk-produk yang dijual bebas di pasaran aja deh karna kalo ke dokter kan penyakit males gua udah gak bisa diobatin lagi. Trus selain itu gua tambah ama rajin facial, pake masker, dll.
Nah, setelah itu gua mikir lagi mau pake merk apa nih. Tadinya sempet mau balik pake Shiseido lagi. Udah pernah nyoba dan cocok kan, apalagi SPGnya udah kenal ama gua dan sering kasih sample-sample hehehe….
Sempet kepikiran mau coba SK-II yang katanya bagus.
Bingung juga sih.
Trus gua mikir lagi, gua ini kan malesnya amat sangat yah. Nanti udah beli barang mahal-mahal, taunya rajinnya cuman seminggu pertama doang kan percuma yah. Shiseido night lotion gua aja masih ada sisa setengah botol lebih tuh. Udah expired pastinya karna udah 3 tahun sejak dibuka, tapi mau dibuang sayang, jadi dijadikan pajangan di kamar aja deh hahaha……
So, gua mulai mencari produk yang harganya di bawah 2 merk tadi. Karna gua demen serial Korea dan kagum ama muka2 pemainnya yang mulus2 itu, gua mulai melirik produk Korea.
Dari browsing sana sini, ada 2 merk yang jadi pilihan, The Face Shop dan The Skin Food.
Akhirnya gua pilih The Face Shop. Gua udah pake pensil alisnya dan suka banget, so gua pikir gak ada salahnya gua coba perawatan mukanya juga deh, sapa tau cocok kan. Harganya juga gak bikin kantong bolong.
Sabtu kemaren sambil nunggu hubby ke bengkel, gua ke counternya TFS. Setelah chit chat ama si mbak, akhirnya gua beli juga produk perawatan mukanya.
Berdasarkan saran si mbak,  gua beli Herb Day Bubble Foam Cleanser Green Tea untuk meredakan peradangan karna muka gua sebagian merah-merah gitu. Karna bentuknya yang foam alias busa, jadi gak perlu digosok-gosok biar berbusa dan lebih irit juga tentunya yah.
Trus karna gua bekas pake obat dokter, gua dikasih Alpine Herb 24 Hydra Toner dan Emulsion buat menetralisir muka gua.
Teruuuuss… karna kalo belanja minimal 700ribu dapet member dan 1 mask sheet gratis, so gua gak mau sia-siakan kesempatan dong yah, gua tambah lagi belanjaan gua dengan Happy Blossom Body Lotion karna memang kulit gua cenderung kering terutama kaki. Gua biasanya pake Mango Body Butter dari Body Shop buat kaki. Kalo gua males pake mango, kaki gua tuh bisa sampe gatel-gatel dan luka-luka saking keringnya loh. Emang gua ini bener-bener males yah hehehe…..
Kalo kulit tangan sih gak sekering kaki, dan gua rada males pake mango buat tangan karna lengket. So, si Happy Blossom ini buat tangan, Mango buat kaki hehehe….
Udah 3 hari gua pake TFS dan sejauh ini sih gak ada masalah. Gak ada reaksi alergi juga. Malah kalo gua liat muka gua mulai mengeluarkan cahayanya. Duuuuh… semoga gua cocok deh pake produk ini biar gak usah coba-coba yang lain lagi.
Gua takut banget kalo terjadi penuaan dini dengan muka gua. Gua rasa ketakutan gua ini normal yah karna muka gua kan memang selalu bermasalah. Kalo muka gua bagus-bagus aja sih mungkin gua gak akan serepot ini hihihi….
Buat yang mukanya bebas masalah, berbahagialah.
Kayak Shanni tuh, sejak gua kenal dia tahun 2002,  gua gak pernah liat ada jerawat dimukanya.
Gua juga gak pernah liat ada masalah di muka Ferlin sejak pertama kali gua liat dia di tahun 2003.
Beruntung banget deh, karna gak perlu effort dan duit ekstra buat merawat muka  yah hehehe…. Bikin siriiikkksss….


Tags:
Gading Moore

––––•(-• Tentang Gading Moore •-)•––––

Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan.
The way to get started is to quit talking and begin doing.
Walt Disney

0 komentar

Posting Komentar

Translate

Popular Posts