Keindahan Kota Samarinda


Saat pertama kali kita mendengar kata samarinda yang terbayang pastilah sebuah kota yang tak begitu besar yang dilalui sebuah sungai yang cukup terkenal di Indonesia yaitu Sungai Mahakam. Sungai ini membagi Samarinda menjadi 2 bagian yaitu bagian Samarinda Kota dan Samarinda Sebrang. Kota Samarinda merupakan ibu kota provinsi dari Kalimantan Timur yang sekarang dipimpin oleh seorang walikota yang bernama H. Syaharie Jaang  yang berpasangan dengan Nusyirwan Ismail. Juga di Samarinda tinggal atau bermukim Gubernur dan Wakil Gubernur dari Kalimantan Timur. Gubernur Kalimantan Timur bernama H. Awang Faroek.
Jadi karena letak Samarinda yang berada disekitar daerah yang yang tergolong indah dan berada di tempat yang cukup aman atau jauh dari sumber bencana maka pantaslah jika saya berkata bahwa Samarinda tergolong sebuah kota yang pantas menjadi sebuah kota wisata. Mungkin bagi semua orang yang sudah datang ke Samarinda, dulu Samarinda kurang begitu menarik tetapi Samarinda yang dulu sangat berbeda dengan Samarinda yang sekarang. Keindahan dan kerapian juga tata kota sekarang telah diatur sedemikian rupa sehingga memenuhi semua yang harus dipenuhi sebagai sebuah ibu kota provinsi.
Di kota Samarinda ini terdapat Jembatan Mahakam yang paling alternatif untuk di lewati untuk bepergian ke Samarinda Sebrang atau beprgian ke Balikpapan. Di Kota Samarinda ini terdapat Jembatan yang baru saja diresmikan yaitu Jembatan Mahulu yang terdapat di daerah Loa Janan.
Sungai Mahakam juga salah satu dari bagian Kota Samarinda yang paling terkenal di kota Samarinda. Dahulu sungai ini sangat bersih dan indah dan sampai sekarang sungai mahakam mulai menjadi kotor dikarenakan semakin padatnya penduduk di kota samarinda ini, tetapi keindahannya masih bisa dirasakan saat malam hari tiba apalagi pada saat tahun baru yang kemaren yang sangt dipenuhi dengan kembang api dan itu tidak bisa saya deskripsikan keindahannya dikarenakan malam yang sangat indah.
Di Kota Samarinda juga terdapat beberapa mall yang sering di penuhin oleh penduduk kota samarinda dan sering di datangin dari beberapa kota yang ada di daerah Kalimantan Timur.  Mall pertama yang ada dikota Samarinda ini setau saya adalah mall mesra indah. Mall yang baru saja dibangun dikota Smarinda yaitu Plaza Mulia dan Samarinda Square, di mall tersebut juga sering  banyak didatangin oelh penduduk kota samarinda.
Kota Samarinda memiliki Maskot yang bernama Pesut Mahakam, jika ingin mengetahui bentuknya bisa dilihat di depan gedung Kantor Gubernur samarinda yang bertempat di jalan Gajah mada.
Objek wisata alam yang ada di Samarinda antara lain Air terjun Tanah Merah, Air terjun Berambai, Air terjun Pinang Seribu dan Kebun Raya Unmul Samarinda yang terdapat atraksi danau alam, kebun binatang dan panggung hiburan. Juga terdapat penangkaran buaya di Makroman yang berjarak sekitar 10 km ke arah timur dari pusat kota. Juga ada wisata budaya yaitu Desa Budaya Pampang yang menyajikan sebuah kesederhanaan masyarakat Dayak Kenyah dan jika kita beruntung saat kita dapat menyaksikan sebuah atraksi dari mereka atau upacara-upacara adat. Selain itu juga ada wisata alam religi.
Beberapa contoh wisata alam religi adalah Islamic Center, Gereja Katolik St. Maria, Pura Jagat Hita Kirana, Kelenteng di Sidomulyo, Vihara Muladharma. Bagi umat Muslim Islamic Center merupakan salah satu wisata religi yang indah dan wajib anda kunjungi di saat anda berada di Samarinda.
Jadi, apa lagi yang kita tunggu segera Visit Samarinda Menuju KalTim Green 2014 !!!
Biarkan saya membagikan sedikit foto :








Tags: ,
Gading Moore

––––•(-• Tentang Gading Moore •-)•––––

Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan.
The way to get started is to quit talking and begin doing.
Walt Disney

0 komentar

Posting Komentar

Translate

Popular Posts