Ragam Tempat Wisata di Pulau Bali

Obyek Wisata di BaliBali sering dikenal sebagai Pulau Dewata dan salah satu ‘Pulau Terbaik di Dunia‘. Ini adalah tujuan obyek wisata atau liburan yang sempurna dengan pemandangan alam paling menakjubkan di Indonesia.

Menurut definisi yang luas pariwisata adalah perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, bresifat sementara, dilakukan perorangan maupun kelompok, sebagai usaha mencari keseimbangan antara keserasian dan kebahagiaan dengan lingkungan hidup dalam dimensi sosial budaya, alam dan ilmu.
Namun, ada banyak batasan mengenai apa yang dimaksud dengan “wisatawan”. Dalam Intruksi Presiden No. 9/1969 dinyatakan :
“Wisatawan adalah setiap orang yang berpergian dari tempat tinggalnya untuk berkunjung ke tempat lain dengan menikmati perjalanan dari kunjungan itu.”

LETAK GEOGRAFIS PULAU BALI

Secara geografis Provinsi Bali terletak pada 8°3'40" - 8°50'48" Lintang Selatan dan 114°25'53" - 115°42'40" Bujur Timur. Relief dan topografi Pulau Bali di tengah-tengah terbentang pegunungan yang memanjang dari barat ke timur.
Provinsi Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Batas fisiknya adalah sebagai berikut:

  • Utara : Laut Bali
  • Timur : Selat Lombok (Provinsi Nusa Tenggara Barat)
  • Selatan : Samudera Indonesia
  • Barat :Selat Bali (Propinsi Jawa Timur)

Secara administrasi, Provinsi Bali terbagi menjadi delapan kabupaten dan satu kota, yaitu Kabupaten Jembrana, Tabanan, Badung, Gianyar, Karangasem, Klungkung, Bangli, Buleleng, dan Kota Denpasar yang juga merupakan ibukota provinsi. Selain Pulau Bali Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau kecil lainnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan di wilayah Kabupaten Klungkung, Pulau Serangan di wilayah Kota Denpasar, dan Pulau Menjangan di Kabupaten Buleleng. Luas total wilayah Provinsi Bali adalah 5.634,40 ha dengan panjang pantai mencapai 529 km.

Tabel Luas Wilayah Tiap Kabupaten di Provinsi Bali

Kabupaten/Kota
Ibukota
Luas
(km²)
Persentase
(%)
Jembrana
Negara
841,80
14,94
Tabanan
Tabanan
839,30
14,90
Badung
Badung
420,09
7,43
Denpasar
Denpasar
123,98
2,20
Gianyar
Gianyar
368,00
6,53
Klungkung
Semarapura
315,00
5,59
Bangli
Bangli
520,81
9,25
Karangasem
Amlapura
839,54
14,90
Buleleng
Singaraja
1.365,88
24,25
Jumlah
5.634,40
100,00
Obyek Wisata di Bali 300x195 Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata di Bali

Bali menawarkan liburan dengan ciri khas penduduk yang ramah, desa tradisional, pantai berpasir putih, sawah di perbukitan yang hijau, puncak gunung berapi, kehidupan malam yang ramai di Kuta, dan hotel-hotel dari kelas melati sampai hotel mewah.
Bali sangat populer sebagai tempat untuk berbulan madu, single, backpackers, atau orang-orang dari segala usia dan dari berbagai latar belakang. Pulau Bali adalah pulau dengan energi spiritual yang sangat kuat dan damai oleh penduduk setempat yang mayoritas beragama Hindu.
Sebagai daerah tujuan wisata, Bali memiliki beberapa objek wisata yang bisa menjadi pilihan liburan. Berikut informasi singkat tentang tempat wisata bagus dan menarik di pulau dewata Bali :

- Kintamani
Kintamani, yang terletak di kabupaten Bangli, menawarkan pemandangan danau yang indah sambil menikmati hidangan makan siang. Nikmati keindahan gunung dan danau Batur yang mengeluarkan asap yang memperindah suasana. Jangan lewatkan untuk mengunjungi objek wisata Toya Bungkah dan juga Trunyan yang terkenal dengan sistem pemakaman yang unik.


Obyek Wisata Kintamani Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata Kintamani

- Pantai Dreamland
Pantai Dreamland di kawasan Ungasan, Pecatu terkenal akan pantainya yang indah dan ombaknya yang menantang. Bagi penggila olahraga surfing, tempat ini merupakan favorit. Jangan lewatkan juga untuk mengunjungi tempat wisata di sekitar tempat ini seperti GWK, Pura Uluwatu, Pantai Nyangnyang dan Pantai Suluban.


Obyek Wisata Pantai Dreamland 300x212 Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata Pantai Dreamland

- Jalan celuk Karangasem – Singaraja
Dalam perjalanan dari kabupaten Karangasem menuju Buleleng melalui Jalan Celuk, kita dapat menyaksikan keindahan alam berupa pemandangan bebatuan hasil letusan gunung tertinggi di Bali, gunung Agung.Dalam Perjalanan ini akan melalui beberapa objek wisata seperti Amed, Tulamben, Desa Les, Air Sanih dan nikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan.


Obyek Wisata Singaraja 300x219 Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata Singaraja Bali

- Pasar Seni Sukawati
Dari dulu hingga sekarang, pasar seni Sukawati telah menjadi pilihan favorit tempat belanja bagi wisata wan yang sedang liburan di pulau Bali.


Pasar Seni Sukawati Bali 300x223 Obyek Wisata di Bali
Pasar Seni Sukawati Bali

- Ubud
Mau tahu pusat seni di Bali dan tempat dimana bisa menemukan kehidupan orang Bali yang sesungguhnya? Ubud adalah jawabannya. Ubud, yang terletak di kabupaten Gianyar, sejak dulu dikenal sebagai kampung seni.


Obyek Wisata Ubud Bali 300x200 Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata Ubud Bali

- Uluwatu
Uluwatu yang terletak di ujung selatan pulau Bali menampilkan keindahan pura Uluwatu yang berdiri kokoh di ujung tebing menghadap ke samudra hindia.


Obyek Wisata Uluwatu Bali 300x210 Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata Uluwatu Bali

- Bedugul
Kawasan wisata Bedugul menawarkan beberapa object wisata yang bisa dikunjungi diantaranya Kebun Raya Bedugul yang menawarkan wisata alam seperti Treetop.


Obyek Wisata Bedugul Bali Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata Bedugul Bali

- Nusa Dua – Tanjung Benoa
Kawasan wisata Nusa Dua terkenal akan BTDC (Bali tourism Development Center) dan Tanjung Benoa terkenal sebagai pusat olahraga air di Bali.


Obyek Wisata Nusa Dua Tanjung Benoa 300x200 Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata Nusa Dua - Tanjung Benoa Bali

- Tampak siring
adalah nama dan sebuah desa yang terletak 36 km dari Denpasar. Pura Tirta Empul sebagai peninggalan Kerajaan di Bali, salah satu dari beberapa peninggalan purbakala yang menarik untuk disaksikan dan diketahui di desa ini. Disebelah Barat Pura tersebut pada ketinggian adalah Istana Presiden yang dibangun pdidalam pura ini yang bernama Tirta Empul seperti yang telah disebutkan diatas.


Obyek Wisata Tampak Siring 300x201 Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata Tampak Siring Bali

- Tirta Gangga
Taman Tirta gangga merupakan salah satu obyek wisata bali yang menarik dengan panorama yang indah. Adanya hamparan sawah yang mengelilingi Taman Tirta gangga, sumber air yang melimpah serta udara yang sejuk menambah nikmatnya para wisatawan beristirahat di tempat ini. Objek wisata bali ini terletak di Desa Ababi 83 km ke arah timur kota Denpasar.


Obyek Wisata Tirta Gangga 300x200 Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata Tirta Gangga

- Taman Ayun
Pura kerajaan yag dibangun tahun 1634. pura taman ayun dikelilingi oleh kolam berisi teratai, kira-kira 300 meter sebelah timur pusat istana kerajaan Mengwi. pura taman ayun terdiri dari tiga halaman yang hijau oleh tumbuh-tumbuhan dan rumput-rumputan yang terpelihara, dihiasi oleh barisan meru, paibon dan Padmasana Singgasana Sang Hyang Tri Murti.


Obyek Wisata Taman Ayun 300x208 Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata Taman Ayun Bali

- Pura Tanah Lot
Objek wisata bali ini sangat pavorit diantara para wisatawan yang berkunjung ke bali. pura tanah lot didirikan oleh Pedanda wawu Rawuh pada abad ke 11. Pura Tanah Lot terletak di laut atau terpisah dari daratan dan di sekitar pura ini terdapat pula beberapa pura keci bagi Umat Hindu.


Obyek Wisata Tanah Lot Bali 300x225 Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata Tanah Lot Bali

- Sangeh
Sangeh terletak 20 km di sebelah utara Denpasar, di seberang jalan menuju Pelaga. Daya tarik dari objek wisata bali ini adalah pura yang terletak di tengah pohon pala yang disebut dengan Pura Bukit Sari. lebat yang hijau terdapat kurang lebih 500 ekor kera jinak yang sering mempesona para wisatawan.


Obyek Wisata Sangeh Bali 300x225 Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata Sangeh Bali

- Kuta Bali
Pantai kuta merupakan objek wisata pantai di bali yang bisa dikatakan s wisata bali diantaranya , hotel , restaurant dan club malam , kuta juga sangat di kenal sebagi sorga bagi para peselancar yang ingin menghabiskan waktunya di bali dengan bermain selancar.


Obyek Wisata Kuta Bali 300x225 Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata Kuta Bali

- Denpasar
Ibu kota provinsi bali adalah denpasar sebagai pusat pemerintahan Bali, pusat bisnis di Bali merupakan ibukota dari Propinsi Bali. di jalan restaurant dan pusat pemerintahan Kotamadya Denpasar terletak di jalan ini. Sebagai kota yang sterletak di Jalan Teuku Umar.


Obyek Wisata Denpasar Bali 300x224 Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata Denpasar Bali

- Pura Besakih
objek wisata bali Pura Besakih terdapat 18 Pura dan 1 Pura Utama. Pura Besakih merupakan pusat kegiata yang ada di Bali. pura besakih terdapat tepag merupakan gunung tertinggi di bali. Pura besakih sendiri terletak di desa besakih. Objek wisata bali ini terdapat di ketinggpura besakih mempunyai view yang sangat menarik.


Obyek Wisata Pura Besakih 300x224 Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata Pura Besakih Bali

- Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park
merupakan sebuah taman wisata di Unggasan Jimbaran Bali dengan objek wisata Patung GWK (Garuda Wisnu Kencana). Patung GWK ini adalah patung replika Dewa Wisnu yang menunggangi kendaraan bernama Garuda setinggi 12 m, karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.

Obyek Wisata Garuda Wisnu Kencana 200x300 Obyek Wisata di Bali
Obyek Wisata Garuda Wisnu Kencana



Tags:
Gading Moore

––––•(-• Tentang Gading Moore •-)•––––

Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan.
The way to get started is to quit talking and begin doing.
Walt Disney

0 komentar

Posting Komentar

Translate

Popular Posts