Tips Manajemen Waktu

Manusia memiliki waktu yang sama. 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Tapi dari waktu yang sama tersebut ada yang menjadi orang sukses ada yang tidak. Ada yang miskin dan ada yang kaya raya. Di mana letak perbedaannya? Perbedaannya ada pada penggunaan waktu tersebut.

Semua manusia pasti ingin menjadi orang sukses. Kehidupan yang lebih baik dan terpenuhi semua kebutuhan. Kualitas kesehatan yang lebih baik, tempat tinggal yang lebih baik. Pendidikan yang lebih baik, kualitas makanan yang lebih baik, dan kebutuhan akan hiburan. Namun banyak sekali orang yang tidak dapat mencapai semua itu karena tidak tahu caranya.

Manajemen waktu adalah salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk mencapai semua tujuan Anda. Manajemen waktu digunakan bukan untuk mengekang, tapi agar semua waktu yang Anda gunakan benar-benar berguna dan bermanfaat untuk hidup Anda. Sehingga Anda tidak pernah mengalami kekurangan waktu untuk melakukan hal-hal yang penting. Sebaliknya, Anda akan mendapatkan waktu lebih yang bisa Anda gunakan untuk rekreasi atau pun hobi Anda.

Berikut daftar yang harus Anda susun:
1. Buat daftar semua tugas atau kegiatan yang harus Anda kerjakan. Mulai dari pekerjaan penting, kegiatan harian, sampai hal-hal sederhana seperti mengerjakan hobi atau rekreasi.

2. Buatlah daftar prioritas. Prioritas ini dibagi menjadi prioritas penting, sedang, dan rendah. Atur jadwal harian Anda dengan melakukan tugas penting terlebih dahulu. Jangan takut bila Anda mengerjakannya dengan tidak sempurna, yang penting ada progress yang Anda selesaikan.

3. Buat waktu Anda lebih efektif. Banyak sekali godaan atau kegiatan yang tidak penting yang sering Anda lakukan. Ajakan teman untuk mengobrol misalnya. Sosialisasi itu penting, tapi ada batasnya. Kendalikan waktu Anda. Hentikan kebiasaan melamun. Bila ada sesuatu yang Anda pikirkan dan merisaukan Anda, tuliskanlah. Dan siapkan untuk mencari solusinya nanti, bila pekerjaan utama Anda sudah selesai. Bila Anda merasa tidak tahu apa yang harus Anda lakukan, lihat kembali daftar kegiatan dan prioritas Anda.

4. Berikan alokasi waktu untuk bersantai. Hal ini akan membuat pikiran Anda jadi lebih rileks. Berusahalah mengalokasikan waktu santai diantara waktu sibuk. Bisa di isi dengan memejamkan mata dan mengosongkan pikiran untuk sejenak. Buatlah kopi, bacalah majalah ringan, atau melihat berita di web favorit Anda.

5. Evaluasilah semua kegiatan yang sudah Anda lakukan. Bila ada progress yang belum selesai. Catatlah dan buat alokasinya untuk esok hari. Bagusnya daftar kegiatan ini bisa Anda buat pada malam hari atau pada pagi hari sebelum Anda beraktivitas.

Manajemen waktu mungkin agak sulit dilakukan pada awalnya. Tapi akan sangat memudahkan Anda bila Anda sudah terbiasa. Berusahalah agar waktu Anda selalu berada pada kendali Anda. Lakukan segala kegiatan dengan efisien, bila sudah terbiasa. Mulailah mempersingkat waktunya. Terutama untuk kegiatan yang rutin dilakukan. Fokuslah pada apa yang Anda lakukan, dan nikmati waktu santai Anda.




Tags:
Gading Moore

––––•(-• Tentang Gading Moore •-)•––––

Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan.
The way to get started is to quit talking and begin doing.
Walt Disney

0 komentar

Posting Komentar

Translate

Popular Posts