Pengertian Visi

Definisi Visi. Visi atau vision adalah Suatu pikiran yang melampaui realitas sekarang, sesuatu yang diciptakan dan belum pernah ada sebelumnya, suatu keadaan yang akan diwujudkan dan belum pernah dialami sebelumnya. Setelah suatu organisasi memilih jalan yang akan ditempuh untuk menuju ke masa depan (misi), organisasi tersebut perlu menggambarkan kondisi yang akan diwujudkan di masa depan. Suatu visi menuntut anggota organisasi untuk mewujudkannya. Filosofi atau core beliefs merupakan keyakinan tentang kebenaran visi dan kebenaran jalan yang dipilih untuk mewujudkan visi. Visi organisasi akan mempersiapkan arah organisasi ke masa depan. Visi organisasi harus memberikan tantangan dan inspirasi bagi segenap individu dalam organisasi sehingga mereka mempunyai komitmen yang tinggi terhadap pencapaian tujuan organisasi. Visi merupakan cara pandang jauh ke depan kemana organisasi harus dibawa agar dapat eksis, antisipatif dan inovatif. Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan oleh organisasi.


Berdasarkan hal tersebut, maka penetapan visi, sebagai bagian dari perencanaan strategis, merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan suatu organisasi. Visi tidak hanya penting pada waktu mulai berkarya, tetapi juga pada kehidupan organisasi itu selanjutnya. Kehidupan organisasi sangat dipengaruhi oleh perubahan lingkungan internal dan eksternal. Oleh karenanya, visi organisasi juga harus menyesuaikan dengan perubahan tersebut.

Visi yang baik harus dapat memberikan energi baru bagi individu, menetapkan standard of excellent, dan menciptakan jembatan antara keadaan saat ini dan masa depan (Espejo, et al, 1996; Gouillart, 1995; Ulrich, 1996). Visi menciptakan rasa kejelasan arah dan tujuan. Pernyataan visi yang baik harus realistis, terukur, dan memaksa setiap individu independen. Akan tetapi, fungsi masing-masing sistem tidak bergerak sendiri-sendiri karena saling memiliki ketergantungan dengan fungsi lainnya




Tags:
Gading Moore

––––•(-• Tentang Gading Moore •-)•––––

Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan.
The way to get started is to quit talking and begin doing.
Walt Disney

0 komentar

Posting Komentar

Translate

Popular Posts