Gunung Tampomas Sumedang Jawa Barat

Alangkah kayanya Pemda Sumedang beserta masyarakatnya, terutama lima kecamatan yang berada disekeliling melingkari badan Gunung tersebut. Yaitu Cimalaka, Paseh, Conggeang, Buahdua dan Tanjungkerta. Mereka rata-rata memiliki air terjun dan atau beberapa mata air, tersebar disetiap kampung. Dari 142 mata air. dan sebanyak 90 mata air yang besar. Sungguh sebuah Gunung yang identik dengan dunia air. Maka tak heran jika Sumedang memiliki kultur air, budaya cai. Dan Ternyata dalam sejarahnya Sumedang adalah satu-satunya wilayah yang tidak ada bandingannya. hanya satu-satrunya. Dan istimewa. Betapa tidak Istimewa Sumedang mempunyai sebuahg gunung yang "nunggal". Jadi tak heran juga jika gunung Tampomas itu dikeramatkan. ( lihat peta geologi-google).
Taman Wisata Alam Gunung Tampomas masuk Kecamatan Buah Dua, Congeang, Sindang kerta dan Cibeureum Kabupaten Sumedang. Keadaan lapangan kawasan Taman Wisata ini bergunung-gunung dengan keting gian antara 625 - 1.684 meter di atas permukaan laut.
Menurut klasifikasi Schmidt dan Ferguson aebagai berikut: Iklim termasuk tipe iklim B Curah hujan rata-rata 3.518 mm per tahun. Daya Tarik Obyek Beberapa obyek wisata yang menarik di kawasan Gunung Tampomas yaitu: Puncak Gunung Tampomas (Sangiang Taraje) Dengan ketinggian ± 1.684 meter diatas permukaan laut, seluas 1 Ha merupakan areal terbuka. Lokasi ini memiliki nilai estetika tinggi karena dari tempat ini wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang indah ke arah Sumedang dan sekitarnya. Adanya lubang-lubang bekas kawah dan batu-batu besar berwarna hitam menambah kekayaan imajinasi bagi yang melihatnya.
Flora Vegetasi kawasan ini termasuk tipe hujan hujan pegunungan, floranya terdiri dari beraneka ragam jenis pohon-poonan berkayu serta jenis-jenis dari golongan liana dan epiphyt. Flora yang mendominasi kawasan adalah: Jamuju (Podocarpus imbricatus) Rasamala (Altingia excelsea) Saninten (Castanea argentea) Fauna Satwa liar yang hidup dalam kawasan ini adalah : Kancil (Tragullus javanicus) Lutung (Trachypithecus auratus) Babi Hutan (Sus vitatus) Beberapa jenis burung.
Makam Keramat Terletak ± 300 m ke arah Utara Puncak Sangiang Taraje, tempat ini lebih dikenal dengan nama Pasarean. Menurut kisah, kedua makam tersebut merupakan peninggalan (patilasan) dari Dalem Samaji dan Prabu Siliwangi pada waktu kerajaan Pajajaran lama. Sumber air, Terletak di kaki Gunung Tampomas sebelah Utara, dengan debet air 202 liter per detik. Keindahan alam dengan flora dan faunanya yang masih utuh / asli.

Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan adalah: Menikmati pemandangan alam yang indah dan sejuk Pendakian gunung dan lintas alam Berkemah Memotret Sarana dan Prasarana Jumlah sarana dan prasarana masih sangat minim, saat ini hanya terdapat: Pos jaga Jalan setapak Pos karcis. Rute perjalanan untuk menuju lokasi Taman Wisata Alam Gunung Tampomas adalah : Bandung - Sumedang - Cibeureum Wetan - Cimalaka, sejauh ± 53 Km Cirebon - Kadipaten - Cibeureum Wetan ± 74 Km Dari Cibeureum Wetan - Cimalaka menuju lokasi (pintu masuk kawasan) ± 6 Km, dengan kondisi jalan berbatu.


Makam Keramat Terletak ± 300 m ke arah Utara Puncak Sangiang Taraje, tempat ini lebih dikenal dengan nama Pasarean. Menurut kisah, kedua makam tersebut merupakan peninggalan (patilasan) dari Dalem Samaji dan Prabu Siliwangi pada waktu kerajaan Pajajaran lama. Sumber air, Terletak di kaki Gunung Tampomas sebelah Utara, dengan debet air 202 liter per detik. Keindahan alam dengan flora dan faunanya yang masih utuh/asli.

Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan adalah: Menikmati pemandangan alam yang indah dan sejuk Pendakian gunung dan lintas alam Berkemah Memotret Sarana dan Prasarana Jumlah sarana dan prasarana masih sangat minim, saat ini hanya terdapat: Pos jaga Jalan setapak Pos karcis. Rute perjalanan untuk menuju lokasi Taman Wisata Alam Gunung Tampomas adalah : Bandung - Sumedang - Cibeureum Wetan - Cimalaka, sejauh ± 53 Km Cirebon - Kadipaten - Cibeureum Wetan ± 74 Km Dari Cibeureum Wetan - Cimalaka menuju lokasi (pintu masuk kawasan) ± 6 Km, dengan kondisi jalan berbatu.
Versi lain... :
Namanya Su-Medang-Larang. Su = bagus, sae, elok, Prima, Medang = wilayah yang bersinar, tempat yang bercahaya, terang, caang, madangan. Larang itu artinya mahal. tiada bandingannya. Hanya satu. Only one. The Bright one. Mengapa demikian ? salah satunya yaitu karena terdapat sebuah gunung yang bernama Gunung Tampomas.

SEmula gunung itu bernama gunung Gede, dan sebelumnya bernama gunung Geulis. Namun orang Indramayu yang mengkeramatkan Gunung itu mereka menyebutnya Gunung Tampomas. Tompo Emas = yang menerima emas (berupa senjata pusaka terbuat dari Logam Mas disebutnya Pendok mas yang di simpan di Puncak gunung dengan cara supranatural agar gunung itu tidak meletus. / tos dido'akeun ku sepuh-sepuh kapungkur supaya tidak meletus lagi ), dan apa yang terjadi ? maka muncul cipanas Conggeang sebagai buangan gas dan air panas dari dalam perut gunung.

Memang dalam sejarahnya Gunung itu dulu sering meletus dan berakibat masyarakat sekitar gunung menderita. Bahkan ibukota kerajaan juga berpindah-pindah, sampai pernah beribukota di Tanjungsari. Kota Sumedang Yang sekarang ini adalah buatan Belanda. Sama dengan kota Cianjur. Juga perlu diketahui bahwa jalan raya pos yang dibuat oleh Daendels itu jalurnya lewat Legok dan terus ke Conggeang dan terus ke Ujungjaya. lalu ke arah cirebon.

Dulu Di Gunung itu sangat ramai oleh berbagai jenis hewan, ada Trenggiling( Peusing ), ada Owa, monyet yang mukanya berwarna hitam, ada Lutung, dan monyet biasa. Juga Harimau Lodaya, Harimau Kumbang, harimau Tutul, dan meong Congkok, ada Landak, berbagai jenis ular, dan kalajengking. Badak juga diduga pernah hidup di kawasan gunung Tampomas. Berbagai jenis Burung, dan beberapa tahun yang lalu gu8nung Tampomas dijarah oleh pencari tanaman Bonsai. tidak tanggung-tanggung mereka mengambil menggunakan truk setiap malam.Gunung yang Kaya oleh Bonsai, dan di jarah tanpa ditanami.

Bersyukur bahwa di bagian utara gunung yaitu di daerah antara Conggeang dan Buahdua masih terpelihara.Sedangkan dibagian selatan, bukan main, telah rusak oleh adanya galian pasir. Memang Gunung yang Kaya akan pasir.Jadi setiap malam dikeruk, pasirnya. Terbukti Sumedang wilayah yang Kaya dan pasir cimalaka adalah pasir beton paling baik. Selain beras Situraja dan Ciledre Conggeang yang beras Sumedang nomor satu.

Bagaimana nasib gunung Tampomas ke depan ? tentu terserah warga Sumedang.Hendak diapakan kekayaan alam yang sedemikian indahnya.?

Akankah Gunung Tampomas menjadi sebuah Taman Raksasa kebanggaan Masyarakat Sumedang yang tersebar di seluruh dunia.......?



Tags: ,
Gading Moore

––––•(-• Tentang Gading Moore •-)•––––

Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan.
The way to get started is to quit talking and begin doing.
Walt Disney

0 komentar

Posting Komentar

Translate

Popular Posts